Iklan

Iklan

Antisivasi Longsor dan Erosi, BPBD Bener Meriah Tanam Rumput Vetiver

Redaksi
Jumat, 20 Oktober 2023, 11:21 WIB


Mengantisifasi bencana khususnya longsor dan erosi di Kabupaten Bener Meriah, Pemerintah setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penanaman rumput Vetiver di Kampung Karang Rejo Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah,  Jum'at  20 Oktober 2023.                                   


Rumput Vetiver ini, di jelaskan Kepala Pelaksana (kalaksa) BPBD Safriadi S. Pd. M. Pd melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Arman Ali, S. TP bermanfaat terhadap lingkungan yang merupakan jenis rumput Akar Wangi yang berasal dari Negara India.


Kegunaannya menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan dan atap rumah dan bahan dasar pembuatan kertas. 


"Akarnya bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi insftastruktur, menyerap racun dan menyuburkan tanah," jelas Arman.



Penamaman untuk perdana ini dilakukan oleh Pj Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sayutiman, SE. MM didampingi Kalaksa BPBD serta partisipasi aktif Reje dan masyarakat Kampung Karang Rejo.

                                                                                


"Bibit rumput ini diperoleh dari Kebun Bibit yang dikelola BPBD Bener Meriah di Kampung Kute Lintang yang didanai APBA Tahun 2022 dibawah koordinasi BPBA," kata Arman.


Setelah penanaman perdana ini, kata Arman akan dilanjutkan dengan penanaman berikutnya di beberapa titik. 


"Penanaman kali ini adalah inisiatif BPBD, dan bagi masyarakat yang ingin menanamnya di lokasi rawan longsor, erosi atau abrasi silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan bibitnya," tutup Arman Ali.


Amatan media ini, penanaman ini dilakukan di Daerah Milik Jalan (Damija) kampung setempat yang selama ini rawan longsor dan amblas. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antisivasi Longsor dan Erosi, BPBD Bener Meriah Tanam Rumput Vetiver

Terkini

Iklan

Close x