Iklan

Iklan

PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Tanam Rumput Vetiver di Sumber Air

Redaksi
Kamis, 26 Oktober 2023, 16:59 WIB


Redelong - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bener Meriah melakukan penanaman rumput Vetiver di sejumlah sumber air. 


Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi erosi dan longsor yang berpeluang merusak sarana prasarana air bersih dan untuk menjaga ketersediaan dan kualitas air sepanjang waktu. 


"Terimakasih kami kepada BPBD yang telah memberikan bibit Vetiver kepada kami," ungkap Direktur PDAM tersebut, Salman setelah prosesi serah terima sebanyak 1.500 bibit Vetiver dengan Kalak BPBD Bener Meriah, Safriadi, Kamis 26 Oktober 2023


Rumput Vetiver ini, di jelaskan Kepala Pelaksana (kalaksa) BPBD Safriadi S. Pd. M. Pd diperoleh dari Kebun Bibit yang dikelola BPBD Bener Meriah di Kampung Kute Lintang. 


"Tahun 2022 lalu, BPBA memilih Kabupaten Bener Meriah sebagai kabupaten  dikembangkannya rumput ini, dana pembibitannya dari APBA," kata Safriadi.


Dijelaskan, akar Vetiver bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi insfrastruktur tanah, menyerap racun dan menyuburkan tanah.


"Selanjutnya, bagi masyarakat yang ingin menanam rumput ini silahkan menghubungi kami melalui bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi untuk mendapatkan bibitnya," ujar Safriadi didampingi Sekretaris BPBD Khaliauddin dan  Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Arman Ali, S. TP.





Sebelumnya, penanaman Rumput Vetiver telah dilakukan di Kampung Karang Rejo Kecamatan Bukit sebanyak 2.500 dan di Bandara Rembele sebanyak 1.500  bibit. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Tanam Rumput Vetiver di Sumber Air

Terkini

Iklan

Close x