Iklan

Iklan

Antara Adab Atau Ilmu ?

Redaksi
Sabtu, 26 Juni 2021, 12:55 WIB


Sastrapunya.com,-  Adab merupakan ilmu dan amal. Adab dalam menuntut ilmu merupakan bagian dari ilmu, karena bersumber dari dalil-dalil. Dan para ulama juga membuat kitab-kitab dan bab tersendiri tentang adab menuntut ilmu. Adab dalam menuntut ilmu juga sesuatu yang mesti diamalkan tidak hanya ber ilmu.


Adab harus didahulukan sebelum ilmu. Ketika orang sudah memiliki adab dia akan mudah mendapatkan ilmu, dia tidak akan sombong dengan ilmunya, dan dia tidak akan merendahkan orang lain dengan ilmunya.


Mendahulukan adab dibandingkan ilmu Ya memang harus. Seperti yang disampaikan Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah yang pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy, “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”


 “Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”


Guru penulis, Syaikh Sholeh Al ‘Ushoimi berkata, “Dengan memperhatikan adab maka akan mudah meraih ilmu. Sedikit perhatian pada adab, maka ilmu akan disia-siakan.”

Adab ( etika ) dan Akhlak ( budi pekerti ) adalah dua hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, Islam sangat memperhatikan dua hal ini. Tidak heran jika para ulama dahulu menasehati kepada para penutut ilmu untuk belajar adab sebelum belajar yang lain.


Seorang muslim selalu memegang adab dan menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia dengan senang hati. Adab dan akhlak ini menjadi tolak ukur kebaikan seseorang. 


Seperti di dalam hadis Nabi Muhammad SAW: "Sesungguhnya diantara yang terbaik dari kalian adalah yang paling mulia akhlaknya."(HR. Bukhari no. 3559 dan Muslim no. 2321).


source : id.quora.com dan berbagai sumber

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antara Adab Atau Ilmu ?

Terkini

Iklan

Close x