Iklan

Iklan

Tanaman Rumput Vetiver untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Abrasi, berikut berbagai manfaatnya

Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023, 22:45 WIB


Sastrapunya.com,- Pemerintah terus berupaya mencegah terjadinya erosi hingga bencana tanah longsor saat musim hujan melanda. Salah satunya dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk mencegah bencana tersebut salahsatunya rumput vetiver.


Berdasarkan informasi dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), vetiver atau akar wangi merupakan tanaman sejenis rumput. Tanaman dengan nama latin Chrysophogon Zizaionid ini memiliki banyak manfaat yang baik terhadap lingkungan.


"Manfaat dari tanaman vetiver antara lain bagian daunnya dapat bermanfaat menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, dan bahan dasar kertas," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibodo, mengutip bnpb.go.id Sabtu 28/10/2023.


Menurut peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dampak erosi tanah dapat diantisipasi dengan berbagai cara. Penanaman tanaman vetiver menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan.


Tanaman vetiver dinilai berguna untuk memperbaiki kerusakan tanah yang dapat menyebabkan terjadinya erosi.


Rumput Vetiver untuk mitigasi bencana Memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk memperbaiki kondisi tanah, menjadikan tanaman vetiver sangat cocok untuk memitigasi bencana tanah longsor.


Jarang orang tahu bahwa tanaman vetiver memiliki banyak manfaat yang baik terhadap lingkungan hidup.



Manfaat dari tanaman Vetiver antara lain :


- Bagian daunnya dapat bermanfaat menyerap karbon,

- Mencegah Tanah Longsor

- Mencegah Banjir

- Pakan ternak,

- Mengusir hama,

- Bahan atap rumah, dan 

- Bahan dasar kertas.


Pada bagian akarnya bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun, dan menyuburkan tanah, 


Rumput vetiver telah banyak dibudidayakan di Indonesia dan bahkan telah diolah menjadi minyak akar wangi untuk kebutuhan ekspor. Disisi lain tanaman ini belum terpublikasi secara luas mengenai manfaatnya dalam mitigasi erosi dan tanah longsor, perlindungan lingkungan dan konservasi tanah dan air.(*) 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanaman Rumput Vetiver untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Abrasi, berikut berbagai manfaatnya

Terkini

Iklan

Close x