Iklan

Iklan

Mari Kita Menjaga dan Melestarikan Adat Serta Budaya Gayo : Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si

Redaksi
Selasa, 24 Januari 2023, 02:30 WIB


Sastrapunya.com,- Redelong : Tak ingin budaya dan bahasa Gayo tergerus oleh zaman, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si mengajak seluruh jajarannya untuk berbahasa Gayo dan mengenakan pakaian Kerawang Gayo setiap hari Kamis.


Hal tersebut di sampaikan orang nomor satu di Kabupaten penghasil kopi terbaik dunia tersebut ketika menghadiri dan membuka serangkaian kegiatan yang di ikutinya baik sebelum dan sesudah memasuki Tahun 2023.


Instruksi bupati Kabupaten Bener Meriah itu mulai diterapkan seluruh Dinas, Badan, dan Kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. “Tujuan utama kita, agar bahasa dan budaya Gayo ini tetap terjaga, selain itu, kita berharap dengan penerapan ini juga menjadi salah satu upaya kita untuk memperomosikan budaya Gayo,”ucap Haili Yoga.


Menurutnya, kekayaan budaya yang dimiliki yang ada di masyarakat Gayo harus tetap di jaga dan lestarikan. Dia juga tidak ingin segala kekayaan budaya Gayo tergerus oleh kemajuan teknologi yang ada, karena itu semua adalah kekayaan dan aset daerah yang patut dijaga dengan baik.


Kebijakan Pj. Bupati Bener Meriah itu selain untuk menjaga adat dan budaya Gayo, juga untuk membangkitkan serta menggerakan para pelaku UMKM yang ada di daerahnya, “ Ketika Kabupaten Bener Meriah merayakan HUT ke-19, saya juga menginstruksikan agar seluruh instansi menggunakan pakaian adat nusantara, salah satunya pakaian Kerawang Gayo. Dengan instruksi yang saya berikan, banyak pelaku UMKM mendapat keuntungan, keuntungan tersebut langsung dirasakan oleh para pemilik galeri penyewaan pakaian adat serta penyedia jasa make-up,”terangnya.


Mantan Kadis Pariwisata diera tahun 2019 tersebut juga kerap menggunakan pakaian Kerawang Gayo pada sejumlah acara dan kegiatan, baik kegiatan di tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga di Tingkat Nasional, hal itu dilakukan Drs. Haili Yoga, M.Si sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya Gayo serta sebagai bentuk upayanya mempromosikan budaya Gayo.



Source : (Tim ProkopimBM)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mari Kita Menjaga dan Melestarikan Adat Serta Budaya Gayo : Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si

Terkini

Iklan

Close x